Jumat, 11 Agustus 2017

Manfaat dan Khasiat Berbagai Bagian Pohon Kurma, Mulai dari Buah, Daun, Bunga, Batang Hingga Akar Yang sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan dan kecantikan

Manfaat dan Khasiat Berbagai Bagian Pohon Kurma, Mulai dari Buah, Daun, Bunga, Batang Hingga Akar Yang sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan dan kecantikan

Siapa yang tak kenal POHON KURMA? Tanaman Buah bernama latin Phoenix dactylifera ini diperkirakan berasal dari Iran dan telah dibudidayakan sejak 4000 – 6000 SM. Kurma tergolong tanaman penting di jazirah Arab dan agama Islam. Kurma bahkan disebutkan sebanyak 50 kali di dalam Injil dan 20 kali di Al-Quran. Beberapa di antaranya, Allah memerintahkan agar Maryam memakan kurma saat mengandung Nabi Isa dan berfirman bahwa kurma tumbuh di tanah surga bersama delima.

Di dalam buah kurma mengandungi khasiat baik bagi tubuh, seperti kismis dan aprikot kering. Begitu pula di dalam buah kurma terdapat protein, serat, gula, vitamin A dan C, serta zat galian, seperti besi, kalsium, sodium, dan potasium. Kandungan proteni di dalan buah kurma sekitar 2%, serat hampi 4%, dan kandungan gula 50% hingga 57%. Bagi pemilik penyakit gula, jangan berkecil hati, sebab buah kurma di dalamnya terdapat fraktosa dan gula tebu atau gula pasir yang mengandung sukrosa yang tidak boleh menyerap secara terus-menerus di dalam tubuh. Ia terpaksa dipecahkan dahulu oleh enzim sebelum bertukar menjadi glukosa lalu diserap badan sebagai tenaga. Maka, apabila kita memakan kurma, tenaga yang diserap badan akan merata. Bagi pengidap penyakit gula, tetap dipersilakan memakan buah kurma. Baca Juga : Bibit Kurma Barhee Unggul



Selain buah kurma yang sudah tidak diragukan lagi manfaat dan khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia, ternyata hampir semua bagian dari pohon kurma ini juga memiliki manfaat dan khasiat juga lho..penasaran apa saja sich manfaat dari masing-masing pohon kurma?

Kulit Kurma 
Kulit kurma mengandung serat, damat baik pabila dikonsumsi untuk mencegah usus besar, karena ia, kulit kurma, melawaskan. Kandungan yang terdapat di buah kurma ialah vitamin A dan vitamin C, amat tinggi dan mengandung potasium yang diperlukan oleh badan untuk sistem saraf. Memang dalam susu, yogurt, dan makanan laut terdapat potasium meski jumlahnya jauh lebih sedikit sedikit dibandingkan kurma.

Mengonsumsi potasium secara berlebihan, sebenarnya tidak mengumpulkan toksi di dalam tubuh dan tidak me-mudarat-kan. Sebaliknya, potasium tersebut merangsang selera makan bagi yang berpenyakit, serta baik untuk golongan yang mengalami sembelit, lemah otot, sengal-sengal badan, letih-lesu, dan dapat menguatkan daya ingat.

Biji Kurma 
Bagian-bagian yang disarankan untuk dikonsumsi antara lain pangkal tunas atau jantung, benih, bunga-bunga kurma, dan kucup kurma. Benih kurma atau sisa benih kurma yang akan dikonsumsi silakan dipisahkan dari benih yang akan digunakan sebagai bibit, setelahnya silakan digiling hingga halus, dicampur dengan tepung untuk membuat roti pada saat kelangkaan pangan terjadi.

Bunga Kurma
Bunga kurma yang dapat dimanfaatkan adalah bunga kurma dari kurma jantan karena bunga yang paling tersedia untuk dijual dan beratnya mencapai 300-400 gram. Untuk kuncup bunga digunakan sebagai salad atau sebagai alas pada ikan kering dan digunakan pula untuk bumbu roti.

Daun Kurma
daripada dibuang atau dibakar, sesunggunya masih dapat diolah dan menjadikan kerajinan yang menghasilkan keuntungan. Daun dewasa, contohnya, dapat dijadikan sebagai tikar, layar, keranjang, dan kipas. Daun yang diolah dapat digunakan untuk isolasi kardus, sedangkan tangkai daun kering yang merupakan sumber ampas selulosa, dapat dijadikan sebagai tongkat jalan, sapu, umpan pancing, dan sebagai bahan bakar.

Pelepah Daun, 
Pelepah daun kurma mampu mengeluarkan aroma, serta seratnya dapat digunakan sebagai tali, kain kasar, dan topi besar, hasil yang diperoleh berkat kerajinan tersebut tentu akan menghasilkan keuntungan tambahan selain melalui buah kurma.


Baca Juga : Panduan Budidaya Pohon Kurma Tropis

Tertarik Untuk Membudidayakan Tanaman Buah Kurma?.
Kami Menyediakan Bibit Kurma Berbagai Varietas Unggulan.

Silahkan Hubungi Kami :
 - Telp / SMS : 085707858020
 - WhatApps : 085707858020

>>> Bibit Kurma KL-1 Unggul
>>> Bibit Kurma Barhee Kutur Jaringan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kurma Kultur Jaringan Barhee - Bibit Kurma Unggulan hasil Kultur Jaringan Yang Dapat Ditanam di Iklim Tropis dan Dapat Berbuah Pada Usia 3-4 Tahun

Kurma Kultur Jaringan Barhee - Bibit Kurma Unggulan hasil Kultur Jaringan Yang Dapat Ditanam di Iklim Tropis dan Dapat Berbuah Pada Usia 3-4...