Kamis, 07 September 2017

4 Keunggulan Bibit Kurma Tropis Kolak One Yang Wajib Anda Ketahui Untuk Membudidayakannya dalam Skala Besar

4 Keunggulan Bibit Kurma Tropis Kolak One Yang Wajib Anda Ketahui Untuk Membudidayakannya dalam Skala Besar

Berbicara tentang Bibit Kurma Tropis Kolak One, tidak lengkap rasanya jika kita tidak menyebut negara Thailand sebagai pioner yang telah berhasil membudidayakan pohon kurma tropis dan mengembangkan biji kurma dalam skala besar. Bibit kurma tropis KL-1 sekarang ini merupakan salah bibit kurma yang paling banyak dicari oleh para penghobi tanaman buah?lalu apa aj sich keunggulan si bibit kurma KL-1 ini?. bibit kurma tropis KL-1 memiliki kemampuan beradaptasi pada lingkungan tropis. selain itu, pohon kurma tropis KL-1 mampu memproduksi buah yang banyak setiap kali berbuah.

Kurma Tropis KL-1 merupakan jenis kurma hibrida yang sangat adaptif di lingkungan yang beriklim Tropis. Kurma KL1 ini merupakan penemuan dari seorang ahli pertanian yang sudah lama konsentrasi dalam meneliti kurma, yakni Sak Lamjuan PhD dari Chiangmai, Thailand. Menyilangkan banyak jenis kurma, dan dari sekian banyak kurma yang ia teliti muncullah kurma jenis KL1 ini yang merupakan persilangan antara kurma jenis barhee dengan jenis Delget Nour.

Kurma Tropis KL-1 dapat menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang hendak membudidayakan pohon kurma baik skala besar ataupun hanya bertanam di depan rumah saja. pada kesempatan kali, kami akan memaparkan beberapa keungulan-keunggulan yang ada pada bibit kurma tropis Kolak One.


Berikut ini beberapa keunggulan bibit Kurma Tropis KL-1 :

1. Kurma KL 1 Mampu Berbuah Lebih Cepat
Di negara Thailand pohon kurma jenis KL 1 ini mampu berbuah diusia rata-rata 3 tahun, di Indonesia juga beberapa pohon kurma KL1 sudah mampu menampakkan buahnya diusia 3 tahun. Padahal pohon tersebut hasil perbanyakan dari biji, dimana untuk kurma jenis lain baru berbuah di usia paling cepat adalah 6 tahun.

2. Kurma Tropis KL-1 Buah Lebih Cepat Manis
Buah kurma dapat dikonsumsi pada fase yang berbeda-beda tergantung jenis kurma. Di beberapa negara timur tengah kebanyakan buah dipanen saat buah mencapai fase ruthab maupun tamar dimana buah kering dipohon. Hal itu didkarenakan beberapa jenis kurma yang ditanam adalah jenis kurma yang mampu masak sempurna saat fase tersebut seperti kurma ajwa yang sangat terkenal karena menjadi kurma kegemaran nabi. Namun didaerah tropis kurma sulit mencapai fase ruthab maupun tamar hal ini dikarenakan musim panas atau kemarau didaerah tropis lebih sedikit, sehingga sebelum buah kering dipohon sudah turun hujan akibatnya buah rontok atau busuk. Untuk itu jenis pohon kurma yang cocok untuk daerah tropis adalah jenis kurma yang sudah mampu dikonsumsi saat buah masih matang segar atau fase halal. Jenis kurma KL1 merupakan kurma yang sudah dapat dipanen saat fase tersebut sehingga tidak salah jika anda memilih kurma jenis KL1 untuk anda tanam atau budidayakan.

3. Kurma KL 1 Produktivitas Tinggi
Kurma KL1 merupakan jenis kurma hibrid, selain cepat berbuah juga produktivitasnya tinggi. Produksi buah setiap pohon mencapai 100kg setiap pohon usia 3 tahun. Untuk mendapatkan hasil yang bagus dan banyak selian perawatan baik penyiraman, pemupukan maupun pengendalian dari hama, tekstur tanah, ketinggian tempat, dan curah hujan sangat mempengaruhi. Jika hanya untuk ditanam dihalam rumah sebagai tanaman hiasan atau hobi hal itu tidak menjadi masalah, namun jika dalam skala perkebunan, rendahnya tingkat produksi akan mengakibatkan kerugian. Oleh karena itu sebelum membudidayakan kurma tropis alangkah baiknya anda memahami terlebih dahulu tentang karakter pohon kurma ini.

4. Harga Bibit Lebih Murah
Harga bibit kurma KL1 relatif lebih murah karena kebanyakan bibit KL1 yang djual adalah perbanyakan dari biji. Karena meski dari biji, pohon kurma jenis KL1 mampu cepat berbuah yaitu diusia 3 tahun. Perlu anda ketahui bahwa bibit kurma KL1 sampai saat ini baik didalam mupun luar negeri adalah perbnayakan dari biji dan anakan, sedangkan perbanyakan KL1 dari kultur jaringan belum dipasarkan karena belum terbukti berbuah lebih cepat dan lebih bagus. Harga bibit kurma KL1 tergantung usia bibit. Harga mulai dari Rp 200.000 sampai Rp 15.000.000 untuk pohon yang sudah berbuah.

Demikianlah informasi tentang 4 keunggulan bibit kurma tropis KL-1, semoga inforrmasi tersebut dapat menambah referensi dalan menentukan jenis bibit kurma apa yang hendak anda tanam. semoga bermanfaat.  Baca Juga : Keunggulan Kurma Barhee Kultur Jaringan 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kurma Kultur Jaringan Barhee - Bibit Kurma Unggulan hasil Kultur Jaringan Yang Dapat Ditanam di Iklim Tropis dan Dapat Berbuah Pada Usia 3-4 Tahun

Kurma Kultur Jaringan Barhee - Bibit Kurma Unggulan hasil Kultur Jaringan Yang Dapat Ditanam di Iklim Tropis dan Dapat Berbuah Pada Usia 3-4...