Minggu, 03 September 2017

Inilah Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Kurma Yang Belum anda Ketahui, Ternyata Sangat Baik Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Inilah Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Kurma Yang Belum anda Ketahui, Ternyata Sangat Baik Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Buah kurma yang populer sebagai santapan Ramadhan ternyata memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat banyak. Kurma yang memiliki nama latin Phoenix dactylifera merupakan tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix. Buahnya dikenal dengan nama buah kurma yang biasa dikonsumsi sebagai manisan, terutama di bulan puasa. Kurma sering dijadikan hidangan untuk berbuka puasa. Rasanya yang manis karena kandungan gula alami di dalamnya dipercaya bisa mengembalikan kebugaran tubuh setelah seharian berpuasa.

Asal-usul buah kurma belum diketahui secara pasti karena sudah tersebar dan dibudidayakan selama ribuan tahun di berbagai penjuru dunia. Kurma diyakinin berasal dari teluk Persia. Perkiraan di tahun 400 SM kurma mulai dibudidayakan lantas dikonsumsi. Tidak hanya di sekitar tanah Arab, kurma telah menyebar dan dibudidayakan hingga benua Amerika, Eropa, dan kini menjamah benua Asia. Bila menelik latar belakang buah kurma yang menjadi bagian dari masyarakat mesir kuno, pada zaman dahulu penduduk mesir memanfaatkan batang pohon kurma sebagai pondasi daun kurma sebagai atap dan tikar sedangkan buah kurma sebagai makanan yang memiliki banyak kandungan vitamin. Buah kurma merupakan jenis makanan yang dapat disimpan lumayan lama, meski disimpan cukup lama, buah kurma mampu bertahan tanpa mengurangi kandungan gizi yang terkandung di dalamnya.

Kandungan Gizi Buah Kurma antara lain : Air , Energi, Vitamin A, Protein, Vitamin B1, Karbohidrat, Vitamin B2, Serat, Gula, Total lemak, Lemak jenuh, MUFA, PUFA, kolesterol, Vitamin E, Mineral, Kalsium, Zat Besi, Magnesium, Fosfor, Kalium, Sodium, Seng, Lutein dan zeaxantin, Likopen, Beta kriptoxantin, Vitamin B3, Vitamin B5, Vitamin B6, Vitamin B9, Vitamin B12, Vitamin C, Vitamin K, Fitonutrisi, Beta karoten.  Baca Juga : Bibit Kurma Barhee Kutur Jaringan Unggul



Berikut ini beberapa Manfaat dan Khasiat buah kurma yang sangat bermanfaat untuk Kesehatan tubuh dan kecantikan kulit Manusia :

Meredakan sembelit
Kurma memiliki kemampuan laksatif dan sering digunakan untuk mengobati sembelit atau konstipasi. Hal ini tak lepas dari tingginya serat pangan baik larut maupun tak larut yang dimiliki kurma. Serat pangan baik untuk melancarkan pencernaan dan membersihkan sistem pencernaan dari racun. Untuk mendapatkan hasil terbaik, rendam kurma semalaman dan makan pagi harinya.

Mengatasi gangguan usus
Tak hanya serat pangan, kandungan nikotin dalam kurma juga diyakini bermanfaat untuk mengatasi gangguan usus. Konsumsi kurma secara teratur dapat menghambat perkembangan organisme pengganggu dan menstimulasi pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Kurma juga mengandung lebih dari 20 macam asam amino yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi oleh tubuh.

Menambah energi
Kurma kaya akan gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang dapat meningkatkan energi secara cepat. Tak heran, kurma sering disajikan sebagai makanan pembuka saat puasa. Asam amino di dalamnya juga membuat kurma mudah dicerna dan dimanfaatkan oleh tubuh. Berbuka puasa dengan kurma pun membantu sistem pencernaan menyiapkan diri untuk menyerap makanan utama. Tak hanya itu, serat pangan dan karbohidratnya membantu mengenyangkan perut dan mencegah Anda makan berlebihan.

Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Kurma dilengkapi dengan berbagai mineral seperti magnesium, selenium, kalsium, mangan, tembaga, dll yang baik untuk kesehatan tulang. Kurma juga memiliki fluorine yang dapat menguatkan enamel gigi dan mencegah pembentukan plak. Mineral ini pun diketahui dapat memperlambat proses kerusakan gigi. Meski demikian, fluorine tidak dapat mengembalikan gigi yang terlanjur rusak ke kondisi semula begitu saja.

Meningkatkan berat badan
Tingginya kalori dan gula alami dalam kurma membuatnya baik dikonsumsi oleh mereka yang ingin meningkatkan berat badan. Tak seperti junk food, kurma membantu meningkatkan berat badan secara sehat karena dilengkapi oleh berbagai mineral, vitamin, dan antioksidan. Sertakan 5 -6 kurma segar dalam pola makan Anda sehari-hari, atau pilih kurma yang telah dikeringkan dan mengandung kalori lebih tinggi.

Anemia
Konsumsi kurma secara teratur membantu melengkapi kebutuhan zat besi Anda sehari-hari. Kurma baik dikonsumsi oleh penderita anemia dan ibu hamil untuk mencegah anemia karena kekurangan zat besi. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan lain yang mengandung vitamin C karena dibutuhkan tubuh agar penyerapan zat besi optimal.

Menyehatkan jantung
Kurma merupakan salah satu makanan dengan kandungan potasium tertinggi. Potasium diketahui sangat baik untuk menyehatkan jantung dan mengatur tekanan darah. Konsumsi kurma dapat membantu menyeimbangan kadar sodium dan potasium dalam tubuh sehingga mengurangi tekanan pada dinding arteri. Serat pangannya menghambat penyerapan kolesterol LDL oleh usus. Kurma pun rendah lemak jenuh dan bebas kolesterol sehingga baik dikonsumsi untuk jantung.

Membantu proses melahirkan
Studi oleh Jordan University of Science and Technology tahun 2008 menemukan bahwa konsumsi kurma di 4 minggu terakhir pada masa kehamilan memberi efek positif terhadap proses melahirkan. Dalam studi yang dilakukan terhadap 114 wanita selama 13 bulan ini, mereka yang mengkonsumsi 6 buah kurma per hari memiliki tingkat dilasi serviks dan proporsi membran intak yang lebih tinggi, penggunaan prostin/oksitosin yang lebih rendah, serta fase laten dalam melahirkan yang lebih singkat.

Menyehatkan sistem saraf
Kurma membantu menjaga kesehatan sistem saraf berkat kandungan potasium di dalamnya. Potasium dan sodium memang esesnsial untuk mengirimkan sinyal elektrik ke sistem saraf. Defisiensi potasium dapat mengganggu indra peraba dan kontrol otot. Potasium pun diperlukan untuk meningkatkan kecepatan dan kewaspadaan otak.

Meningkatkan ketahanan seksual
Kurma kerap dijadikan tonik untuk meningkatkan ketahanan seksual dan menurunkan risiko mandul akibat berbagai gangguan seksual. Studi dari Bahmanpour pada tahun 2006 menunjukkan bahwa kadar estradiol dan flavonoid yang tinggi dalam kurma diduga meningkatkan jumlah dan ketahanan sperma. Redam kurma dengan susu kambing semalaman sebelum dikonsumsi untuk mendapatkan hasil terbaik.

Mengatasi rabun senja
Defisiensi vitamin A dapat mengganggu penglihatan dan menyebabkan rabun senja. Kurma sendiri mengandung vitamin A dalam jumlah sedang dan senyawa antioksidan yang baik untuk penglihatan, terutama zea-xanthin. Kurma juga dijadikan obat tradisional untuk mengatasi rabun senja, baik dengan mengkonsumsi buahnya secara langsung maupun menumbuk daunnya dan dijadikan obat oles.

Anti inflamasi / peradangan
Kurma mengandung senyawa antioksidan dan magnesium yang dikenal akan manfaat anti peradangannya. Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan asupan magnesium berkaitan dengan penurunan indikator-indikator peradangan dan peradangan di dinding arteri. Sementara itu, antioksidan diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas dan menurunkan risiko kanker.

Ayo, mumpung buah kurma sekarang tersedia di mana-mana kita beli untuk dikonsumsi dan dapatkan manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita. Selamat berpuasa dan jangan lupa menyantap buah kurma. Baca Juga : Bibit Kurma Tropis KL-1 Unggul


Tertarik Untuk Membudidayakan Tanaman Buah Kurma?.
Kami Menyediakan Bibit Kurma Berbagai Varietas Unggulan.

Silahkan Hubungi Kami :
 - Telp / SMS : 085707858020
 - WhatApps : 085707858020

>>> Bibit Kurma KL-1 Unggul
>>> Bibit Kurma Barhee Kutur Jaringan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kurma Kultur Jaringan Barhee - Bibit Kurma Unggulan hasil Kultur Jaringan Yang Dapat Ditanam di Iklim Tropis dan Dapat Berbuah Pada Usia 3-4 Tahun

Kurma Kultur Jaringan Barhee - Bibit Kurma Unggulan hasil Kultur Jaringan Yang Dapat Ditanam di Iklim Tropis dan Dapat Berbuah Pada Usia 3-4...